Pompa Hidran arju Gunung Kidul Yokyakarta Sempat viral 4 tahun lalu, kini terbengkalai.

REPUBLIK62.COM,  Empat tahun lalu tepatnya 2016 di desa Semanu Kabupaten Gunung Kidul - Yogyakarta sempat viral PATM ( Pompa Air Tampa Motor ) Atau lebih dikenal dengan pompa Hidran. 21 Unit pompa terpasang, mampu menaikkan air pada ketinggian hingga 134 meter dengan jarak 1 KM.

21 Unit Pompa Hidran itu dipasang pada daerah aliran sungai, yang dibendung dan dipasangkan pipa saluran air menuju Pompa Hidran yang berfungsi sebagai pendorong air ke tandon.

PATM ini dahulu diinisiasi oleh Bapak Moeldoko bersama dengan timnya atas kesepakatan dan persetujuan dari para pejabat khususnya Ibu Bupati dan jajarannya.

Tapi naas karena konflik dengan pihak pengelola wisata kali suci Pompa Hidran kini tidak beroperasi lagi.

"Itukan kalau di tutup airnya dibuat rebutan sama pengelola wisata kali suci , dulu mereka (pengelola kali suci) datang kesini membongkar bendungan Hidran itu", Sahut sorang warga yang ikut manemani kami sewaktu mengunjungi lokasi pompa.

Menurutnya walaupun pompa hidran diaktifkan sebenarnya tanpa mengurangi debit air yang mengalir ke pariwisata kali suci yang tepat berada di bawah bendungan pompa hidran ini.

"Padahal mas waktu pompa ini hidup juga tidak terlalu mengganggu debit air, kan yang naik cuma 10% dan sisanya tetap mengalir kebawah".

PATM Gunung Kidul dahulu digunakan untuk membantu mengaliri lahan petani kurang lebih 150 hektar, sayangnya pompa yang dibuat dengan biaya tidak sedikit itu sekarang sudah tidak beroperaasi lagi.

Related Posts